Manager IT???

"Mama Biru, tolong bantu jadi manager IT di perusahaanku ya..terserah deh mau gaji berapa," demikian wa dari seorang mama teman sekolah anak keduaku, pada malam hari yang sumuk.

Whaatttt...????

Sumpah, saya bingung mau reply gimana. Ini ngece apa beneran minta tolong. Dan malam rasanya jadi tambah sumuk

Diminta bantu promo usaha temen, udah sering. Bantuin bikin company profile, company guidelines, brand profile, proposal, aneka macam design, digital marketing, mengelola website..udah pernah semua.

Manager IT?

Hadeuuhhh..bener - bener saya nggak abis pikir, how come? Darimana si ibu ini berpikir saya cocok untuk posisi itu ya. Perasaan selama ini saya belum pernah sekalipun mem-branding diri saya dengan topik perITan, baik pada tulisan maupun interaksi lisan di pergaulan saya, yang manapun.

Baiklah, saya coba gali dulu dong, sebenernya apa yang diperlukan si ibu ini. Kan nggak mau juga asal iya, ternyata saya nggak bisa perform seperti yang diharapkan

Jadi ceritanya, si ibu ini bikin perusahaan di bidang kosmetik dengan sistem penjualan secara jaringan. Anda tau bisnis Shannen? Yang saya tangkap, kira - kira bakalan kesitu arahnya, affiliate marketing. Nah dia perlu orang yang tahu tentang program komputer yang mendukung, membuat program yang menarik bagi member,  program pemasaran dll. Luas sebenernya keperluannya. Karena memang perusahaan ini masih baru.

Berdasarkan definisi yang dikemukakan oleh Investopedia, affiliate marketing adalah model pemasaran yang dilakukan dengan merekrut, mengorganisir, dan mendayagunakan publisher pihak ketiga atau yang biasa disebut sebagai affiliate untuk menarik traffic dan leads serta mempromosikan dan menjual barang atau jasa brand. Setelah itu, perusahaan akan memberikan reward berupa komisi penjualan kepada publisher pihak ketiga setelah terjadi penjualan

Di sini, ada 4 pihak yang terlibat, yaitu pemilik brand/perusahaan yang akan menjual produk/jasa, perusahaan network, affiliate dan pembeli

Ada dimanakah saya? Tentunya di pemilik brand. Jika saya oke. Jika mereka serius dengan penawarannya

Cuman masih heran aja, Manager IT? Serius?

Kalau tim kreatif untuk menyusun business plan dan program pemasarannya, kayaknya udah kebayang bakalan seperti apa dan mau gimana.

well, we'll see yaa..



Komentar

Postingan Populer