24 Tahun Kemudian



Tahukah Anda, berapa lama masa tunggu berhaji untuk kloter Jogja, tahun ini?

Tanggal 28 Agustus 2019, Alhamdulillah saya akhirnya mendapat keberanian untuk mendaftar haji. Mundur 2 tahun dari target.

Tanggal 27 Agustus sebenarnya saya udah menyetor sejumlah dana untuk setoran awal. Mendapat info dari customer service bank yang melayani saya bahwa daftar tunggu untuk pendaftaran hari itu adalah 23 tahun. Namun karena saya belum membawa pas foto berlatar belakang putih untuk syarat kelengkapan berkas, maka saya pulang dulu dan baru kembali esok harinya, dengan membawa semua berkas yang diperlukan

Selesai dengan semua urusan berkas, menunggu si mbak customer service ( mbak yang sama dengan hari sebelumnya ) menginput data, saya tanya lagi tentang daftar tunggu. "24 tahun, mbak" jawabnya. Wow, bukannya kemaren 23 tahun mbak, kata saya. Beda sehari, udah naik satu tahun.

Kemenag DIY menyampaikan bahwa kuota haji 2019 untuk keberangkatan hingga 2042 mengacu pada alokasi 2018 sebanyak 3.131 jamaah.  Pada awal tahun 2019, jumlah pendaftar telah mencapai 1.056 jamaah. Mungkin di Bulan September kuota ini telah terpenuhi, sehingga saya terlempar ke antrian tahun berikutnya.

Bagi saya, tidak masalah, mau gimana lagi. Hanya bisa pasrah. Namun menurut logika saya, daftar tunggu ini masih fleksibel, bisa maju walaupun tidak menutup kemungkinan juga mundur. Seperti pada 2019 ini ada 520 kursi yang tidak terserap, karena jamaah yang batal berangkat, namun tidak segera terisi karena proses pengurusan dokumen yang perlu waktu. ( Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Kementrian Agama )

Berharap, ada rezeki bisa maju dari perkiraan daftar tunggu dengan adanya hal - hal semacam ini. Doa saya tentunya semua calon jamaah mendapat kemudahan hingga waktu yang ditentukan.

Kabar baiknya, calon jamaah sekarang bisa mengecek sendiri secara online, perkiraan tahun keberangkatan, pada aplikasi cek porsi haji. Namun saya belum mencobanya, masih lama hehehe..

Apa kabar saya 24 tahun mendatang?

Semoga semua lancar, Allah berkenan saya bertamu pada jadwal yang telah ditentukan. Daftar tunggu adalah faktor yang tidak bisa saya kontrol, di luar kendali saya. Namun upaya saya untuk siap di 24 tahun mendatang dari sisi kesehatan jasmani dan rohani serta kesiapan materi, tentunya adalah hal yang sangat bisa saya kontrol.

Sepertinya upaya saya di tulisan ini cukup mendukung untuk persiapan tersebut

Semoga

BTW saya baru ngeh, semua angka pada proses pendaftaran ini adalah kelipatan 7, my fave number. Dari antrian yang nomor 14, tanggal 28. Jangan - jangan saya masukin berkas ke kemenag, jam 14 hehhe..

Ahh apaan siy, Day :p

 
jika ada umur, pngen selfie lagi di tempat yang sama, 24 thn yang akan datang :)





Komentar

Postingan Populer