Ayooo Sekolaahhhh..( sambil nyanyi ala iklan )

Berbeda dengan anak pertama saya di SMP yang cukup aman dengan Geschool.net sejak semester kemarin, maka mengawali tahun ajaran baru tahun ini, group WA anak kedua saya di kelas 1 sekolah dasar agak heboh.

Salah satu guru kelas melempar polling tentang metode pembelajaran yang akan digunakan.
Pilihannya adalah :
- Melalui group WA dan google form
- Melalui google class room

72% memilih menggunakan group WA dan google form. Saya pribadi sebenarnya prefer ke google class room. Alasan utama karena pengen nyobain dan belajar layanan ini. Kapan lagi emak - emak rumahan kayak saya bisa pakai layanan ini hehehe..di samping itu kebayang bakalan buanyaakkk group WA yang harus diikuti jika tiap mata pelajaran membuat group WA. Tapi tetep harus ikut keputusan suara terbanyak

Para pemilih pembelajaran melalui WA beralasan mereka gaptek dan udah nyaman dengan menggunakan WA. Sebagian lagi katanya tidak bisa mendampingi putra dan putri mereka belajar di jam pelajaran reguler karena pekerjaan dan aktivitas masing - masing. Asumsinya, jam pelajaran anak - anak adalah seperti school hours  yaitu 07.00 - 13.00 saat dimana mereka masih bekerja dan beraktivitas.

Sementara jika menggunakan WA group, mereka beranggapan bisa lebih fleksibel mengikuti update info yang diberikan guru dan mendampingi putra putri mengerjakan tugas sesuai dengan ketersediaan waktu orang tua dan anak. Mmh..dengan alasan sebagian ortu tersebut, kok saya jadi bias antara google class room dengan google meet atau zoom yang harus berinteraksi langsung.

Tapi sudahlah, mau pilih WA, google form, google class, google meet, zoom atau gabungan semuanya, tetap perlu pendampingan bagi anak kelas 1 SD dalam belajar materi pelajaran dan mengoperasikan perangkat yang digunakan untuk online. Serta waktu yang pas dan nyaman tentunya baik bagi ortu maupun si anak

Btw pas lagi nulis ini..eehh ada guru lain yang nggak pakai polling langsung share password masuk ke google class room untuk mata pelajaran yang diampu oleh beliau. Xixixiix..jadi lengkap deh platform yang digunakan. Lets do it, moms. Mari kita belajar bersama, siapkan kuota sultan dan perbanyak stok sabar, terutama jika sinyal lagi nakal

Welcome to new normal school, belajar ( lagi ) bersama anak - anak. Mungkin ortu bisa menggantikan peran guru, memberikan pemahaman tentang materi pelajaran, tapi berinteraksi langsung dengan teman dan guru adalah momen tak terganti.
Merasakan deg - degan di kelas karena pelajaran atau guru yang dianggap "killer", bercanda, ledek - ledekan, belajar toleransi, berempati, kadang musuhan dengan teman, maupun hal sepele seperti datang pagi untuk berebut kursi di belakang ( ehh..😅) dan jatuh cinta xixixi..

Aahh semoga pandemi ini cepat berlalu ya Le..semoga disegerakan, sebelum yang besar SMA, sebelum yang kecil naik ke kelas 2 SD, aamiin..karena semakin tinggi kelas, pelajarannya makin susah Le, hehehe..

Yang jelas, mari kita nikmati masa ini, dengan hati gembira



Jogja
18 Juli 2020
a moment to remember













Komentar

Postingan Populer