Suara dalam tulisan



Pernah ngalamin lagi baca tulisan, tapi berasa si penulis lagi ngomong langsung ke kita, kata perkata yang ada dalam tulisan itu?

Kalau saya rasanya hampir ngalamin itu di tiap tulisan yang saya baca..( karena nggak banyak tulisan yang saya baca jadi inget aja heheheh ). Paling gampang kalau tahu dengan si penulis, pernah denger suaranya, intonasinya, beragam ekspresi wajahnya..apalagi kalau kenal dekat. Yang jadi masalah seringnya nggak kenal dan nggak tahu..wew. Jadilah lebih seล•ingnya bacanya ya itu itu aja..yg penulisnya minimal tau lahhh hehehhe..atau udah mulai bisa mengimajinasikan sosok penulisnya atau jelek2nya ya suara saya sendiri yg nongol sambil baca..( udah parah banget kalau ini..๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹)

Kenapa siy saya ngotot banget gituuu? Enak aja siiyyy...berasa lagi diceritain langsung, lebih gampang masuk ke maksud tulisannya ( meskipun kadang interpretasi pribadi tetap dominan xixixixi ), trus jadi enteng aja pas baca.

Inget dulu pas kelas 3 SD nemu buku tebeeeeelll di rumah simbah, sekitar 400an lembar, berdebu, coklat mbladush dengan hardcover kain, bergambar suku Indian yang sedang duduk sendirian memandangi tanah lapang, dengan rambut disisakan melengkung segaris di puncak kepala ( ternyata setelah baca bukunya ini adalah ilustrasi si kepala suku Indian mohawk, tokoh cerita)...dan saudara2.. pengarangnya orang bule..tp untung udah terjemahan siyyy..walaupun ejaan kuno, belum eyd dan nyaris tanpa gambar..cuman beberapa aja setelah berpuluh puluh lembar.

 Langsung kepala pusing antara ngiler pengen baca tapi bingung ngebayangin gimana itu bentuk om bule yang ngarang itu buku, jadilah pakai imajinasi...dan finally done seminggu full ngublek ublek satu buku doang yg suka bingung gimana megangnya pas baca saking tebel dan beraaattt..( mungkin beratan itu buku daripada berat badan gw waktu itu hahahahha)..daaannn all imajinasi tentang suku mohawk, suku huron, pertempuran di hutan inggris vs perancis terjawab sudah ketika buku itu di filmkan...The Last of Mohicans! Tapi menurut saya lebih keren versi imajinasi saya waktu itu deeehhh..gimana gagahnya Hawkeye versi saya, dengan laras panjang dan tajam matanya setajam mata elang, liciknya indian huron, cantiknya alice dan cora...sedihnya saya waktu putra mahkota suku mohawk tewas di tangan kepala suku Huron yg licik.. sungguh waktu itu adalah pukulan banget bagi anak kelas 3 SD yang selalu didoktrin kebenaran akan mengalahkan kejahatan... huhuhu.. berhari2 saya tidak bisa menerima ending itu..soalnya ngebayangin nggak bakal ada lagi suku mohawk donggg..padahal blm tau aja kalau berpuluh tahun kemudian di Indonesiapun ada tuh "mohawk"..gaya rambutnya doang siiyy...xixixix..crunchy banget menghibur dirinya yaakk..gariiinngg ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

ahh tiba tiba saya bisa mendengar suara saya sendiri di tulisan ini, gimana dengan kalian yg lagi baca tulisan ini, bisa denger suara saya? Atau malah lengkap dengan ekspresi muka sok tau saya..?

Xixixixi..tks udah jalan2 kesini yaaa..


jogja 10 nov 2018,
time to sleep, ditemenin mas iga massardi, gerald, marco, puti, asteriska dan gitaris satunya namanya siapa lupaaa..yuupss..barasuara, tau deh suka banget ama kalian di usia gw yg udah melankolis gini..pokoknya berlabuh lelahku di kelambu jiwa kalian deeehhh..#eaaaa

























Komentar

Postingan Populer