KAMIS PAHING buat anakku


Jogja memang istimewa, tidak sekedar slogan ( menurut saya )..salah satunya adalah adanya kewajiban mengenakan baju adat gagrag ( khas ) yogya, tiap hari kamis pahing. Kenapa Kamis Pahing, denger2 adalah karena pada hari dan weton tersebut, kraton Jogja berpindah dari Pesanggrahan Ambarketawang menuju lokasi yang sekarang. Kewajiban ini kalau nggak salah juga sudah ditetapkan oleh pemerintah jogja sehingga per April 2014 ( kalau nggak salah ) maka seluruh siswa dan pengajar di sekolah di wilayah jogja wajib berbaju adat jogja ( anak saya sekolah di sekolah negeri, entah kalau swasta yaa )
awalnya kami hanya sewa baju di salon, tapi setelah berhitung, sepertinya akan lebih hemat jika beli aja setelan lengkap baju tersebut. Alhasil untung aja ada Pasar Beringharjo yang tdk cuma legendaris, tapi juga lengkaaaapppp...setelah tanya sana sini ke mbak/mas pedagang di sana, akhirnya ketemulah los penjual baju adat, perlengkapan manten dll. ternyata lengkapppp, baju adar dari berbagai nusantara ada di sini..boljug niy buat bisnis, beli banyak dan disewakan lagi hehehe

setelah pilah pilih, nanya2 ttg baju adat khas jogja, ketemulah baju yang yg dipakai si gantengku itu..buuuttt ternyata temen2nya banyakan pada pake baju lurik. sebenernya sih di gantengku cuek aja walaupun beda, tapi dengan pertimbangan bisa buat gonta ganti, ya udah akhirnya hunting lurik juga dehhh..
Jogja memang Istimewaaaahhh

JogjaIstimewa, 4 Agt 2017, lagi seneng nulis hari ini

Komentar

Postingan Populer